Latest Post

Seorang Leader Harus Bisa Skill Ini! Apa Aja?

Leader atau pemimpin adalah hal yang terpenting dalam sebuah perusahaan/organisasi/pemerintahan dan sebagainya. Karena dia adalah ujung tombak sukses atau tidaknya tempat yang dia pimpin. Menurut kamus KBBI, arti dari memimpin adalah mengetuai atau mengepalai (rapat, perkumpulan, dan sebagainya). Jadi dia harus betul-betul menguasai kemampuan dasar agar tidak fatal. Maka ada istilah seorang pemimpin adalah anak yang terpilih terbaik bangsa.

Penulis menuliskan ulang dari web sebelah, yang menurut saya harus ditulis ulang sebagai pembelajaran untuk penulis dan temen-temen penulis yang baca artikel ini. Ini 10 kemampuan dasar yang harus dimiliki:

  • 1. Initiative
Seorang pemimpin terbiasa selalu bisa memberikan pengajuan seperti pembaharuan, perbaikan, perubahan, bahkan pencabutan jika tidak sesuai untuk peningkatan kualitas yang dipimpin. Tentu ketika memberikan inisiatif harus relevan dengan masalah dan melihat kemampuan anggotanya.
  • 2. Leadership
Seorang pemimpin harus mampu memberikan pengaruh yang dominan terhadap anggota-anggotanya. Tentu ini harus dikuatkan dengan hebatnya kemampuan dalam kecakapan dalam menentuan tujuan, sasaran, dan estimasi lainnya.
  • 3. Orientation on Excellent Work Quality
Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan fokus dalam  menyelesaikan tugas dengan mempertimbangkan semua yang terlibat, tidak peduli seberapa kecil, menunjukkan kepedulian untuk semua aspek pekerjaan, memeriksa proses dan tugas secara akurat, dan menjadi waspada.
  • 4. Problem Solving Ability
Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menganalisa, mengidentifikasi, dan penyebab masalah dengan sigap dan efektif. Apakah masalah ada pada dirinya? Ataukah masalah ada pada anggotanya? Atau masalah 'rumah' yang dibawa-bawa ke 'kantor'? Pemimpin harus tau itu.
  • 5. Ability to Plan
Seorang pemimpin harus mampu merencanakan untuk keluar dari masalah dengan sistematis serta efektif. Untuk mengasah kemampuan berencana, seorang pemimpin harus memperbanyak refrensi dari berbagai macam sumber pembelajaran yang salah satunya adalah membaca buku dan kasus-kasus kepemimpinan pada zaman terdahulu (mempelajari sejarah).
  • 6. Cooperation dan Teamwork
Seorang pemimpin harus mampu mengerahkan anggotanya sesuai dengan track-nya. Semboyan atau filosofi orang tua dulu adalah gotong royong. Perkara besar akan mudah dikerjakan dan diselesaikan dengan bekerja sama. Maka dari itu, seorang pemimpin harus mampu mengkoordinir anggotanya agar dipastikan mampu bekerja team. Cara pemimpin agar dapat membangun kerja tim adalah seorang pemimpin harus bersikap rendah hati, memuji anggota secara terbuka dan mengkritik secara pribadi, berkomunikasi dengan yang baik, menghormati anggotanya, serta harus memberikan contoh yang positif.
  • 7. Negotiation Skills
Kemampuan yang wajib dimiliki adalah gaya interaksi yang mumpuni, Gimana caranya? Setiap pemimpin harus tau cara menghadapi orang, karena setiap orang memiliki ciri dan karakter yang khas. Intinya adalah kemampuan negoisasi yang dapat membuat keputusan yang menguntungkan atau solusi terbaik dengan diskusi yang terarah. Hindari emosional, mudah menyalahkan orang lain, menang sendiri.
  • 8. Learning Skills
Seorang pemimpin harus terus melakukan upgrade ilmu seiring dengan kasus yang terus dihadapi. Waktu yang terus berjalan, lawan, masalah anggota, dan lain-lain perlu seorang pemimpin harus pahami. Karena masalah akan terus ada dan harus dihadapi kemudian diselesaikan. Akan mudah dengan meluangkan waktu untuk belajar. Pembelajaran juga tidak dilakukan hanya individu, seorang pemimpin harus mampu mengarahkan anggotanya juga untuk upgrade ilmu. Salah satu cara pembelajaran kelompok dengan cara sharing knowledge antar sesama.
  • 9. Mentoring and Developing Others
Pembelajaran harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, terkhusus pada anggota-anggota yang belum memiliki banyak pengalaman, kapasitas kemampuan, atau bahkan keberanian.
  • 10. Communication Skills
Seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan berkomunikasi dengan sistematis, jelas, dan mudah dipahami. Komunikasi tidak hanya dengan lisan saja, tapi juga tulisan.

Sekian pembelajaran untuk saya pribadi dan para pembaca. Tulisan ini ditulis ulang dari berbagai sumber, dengan sumber utama kompasiana.com

No comments:

Post a Comment

 

Dibuat oleh Fahmi Muhammad

© 2014-2020 Home | About | Privacy